Dewan Pengurus Daerah (DPD) I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan menyerahkan lahan perkebunan seluas 10.000 persegi ke pengurus DPD KNPI Luwu dan Kota Palopo, Sabtu (25/1/2020).

Lahan hibah tersebut berada di Desa To’long, Kecamatan Bassesangtempe, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan akan dijadikan kebun pemuda.

Ketua Bidang Organisasi DPD I KNPI Sulsel, Imran Yusuf mengatakan, sebelum penyerahan, Ketua KNPI Sulsel Muhammad Arham Basmin meninjau langsung lahan yang akan dijadikan Kebun Pemuda.

“Saat meninjau lahan yang akan dijadikan kebun pemuda, Ketua DPD KNPI Sulsel, Arham Basmin didampingi Ketua DPD II KNPI Palopo Suparni Sampetan, Sekretaris DPD II KNPI Luwu Andi Baso Amri, dan sejumlah pengurus organisasi kepemudaan tersebut,” ujarnya.

Kata dia, lahan Kebun Pemuda diserahkan Andi Izman Padjalangi, Anggota DPRD Sulsel yang juga Wakil Ketua KNPI Sulsel. Andi Izman mewakili ketua DPD KNPI Sulsel Arham Basmin yang disaksikan Camat Bassesangtempe, Syamsuddin SPd dan Sekdis Dinas Pertanian Albar Andi Picunang.

Ketua DPD I KNPI Sulsel, Arham Basmin mengatakan, kebunpemuda merupakan salah satu program utama yang akan direalisasikan selama periode kepemimpinannya.

Bukan hanya di Luwu, tapi juga di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel. “Lahan ini, nantinya pengurus DPD II KNPI Luwu dan Kota Palopo yang kelola dan bertanggung jawab sepenuhnya,” kata Arham Basmin.

Soal komoditi apa yang akan ditanam, jelas Arham, semua diserahkan ke DPD II KNPI Luwu da Kota Palopo. Tapi, jenis tanaman yang cukup baik untuk budiyakan tetap mengarah pada tanaman jangka panjang, menengah dan pendek.

“Kebun pemuda dikelola secara modern dengan penggunaan teknologi pertanian yang ada. Tanaman jangka panjang paling baik seperti kopi jenis arabica. Jangka pendeknya bisa berbagai jenis sayuran dan bawang,” terangnya.

Kata Arham, satu periode kepengurusannya, pihaknya berkolaborasi dengan pemerintah. Termasuk Dinas Pertanian dan pemuda setempat.

Nantinya, kaberadaan kebun pemuda diharapkan mampu memotivasi dan mengedukasi masyarakat khususnya pemuda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *